Ini Tanggapan PLN Terkait Warga Tersengat Aliran Listrik Di Keruak Lotim

EXTRA HOT IKLAN

MATARAM, MetroNTB.com – Sehubungan dengan terjadinya musibah yang menyebabkan 4 orang meninggal dunia akibat tersengat aliran listrik, di Desa Pijot, Kecamatan Keruak, Lombok Timur, Senin (25/12/2017) lalu.

MEDIUM IKLAN

Manajer SDM dan Umum, selaku Juru Bicara PLN Wilayah NTB, Deddy Hidayat menyampaikan hasil investigasi tim PLN.

LOW HOT IKLAN

Dedy memaparkan, hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi menyebabkan adanya pohon mahoni tumbang dan mengenai kabel sambungan rumah yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Hal tersebut menyebabkan kabel sambungan rumah tersebut terkelupas dan diduga menjadi sumber aliran listrik.

“Kabel itu tidak putus, namun karena isolator pengaman antara kabel alumunium dengan luar itu terbuka karena gesekan dengan tiang penyangga galvanis milik warga, akibat kabel sambungan rumah tertimpa pohon sehingga arusnya masih bisa keluar dan mengalir ke tiang galvanis tersebut. Ditambah lagi kondisi hujan dan pohon basah akibatkan aliran listrik keluar sehingga tidak aman,” paparnya

Lebih lanjut, Dedy merincikan, kejadian bermula saat Ibu Sanah berangkat ke sawah untuk mengumpulkan siput sekitar pukul 08.00 WITA. Kemudian, Ibu Sanah ditemukan tidur telentang di pematang sawah dengan sebuah ember mengapung di dekatnya.

Melihat hal tersebut, Bapak Sanah beserta dua anaknya, Hikmatullah dan Haeriah langsung menuju ke tempat kejadian. Haeriah dan Hikmatullah yang berniat menolong sang Ibu tiba-tiba ikut terjatuh dan tidak bergerak. Begitu juga dengan sang suami, Bapak Sanah yang ikut turun ke sawah untuk membantu.

“Mendapat laporan atas kejadian tersebut, petugas PLN langsung menuju ke lokasi dan memadamkan aliran listrik di sekitar lokasi,” terangnya

Kata Dedy, setelah listrik berhasil dipadamkan, masyarakat langsung mengevakuasi korban menuju Puskesmas Keruak, namun nyawa korban tidak berhasil diselamatkan.

Selain itu, petugas PLN juga telah memperbaiki tarikan sambungan rumah tersebut ke jaringan yang aman.

“PLN secara bertahap akan melakukan pengecekan dan perbaikan terhadap jaringan, baik di sekitar lokasi maupun daerah lainnya untuk mengantisipasi kejadian seperti ini agar tidak terulang kembali,” katanya

Demi keamanan bersama, PLN pun menghimbau kepada masyarakat untuk merabas pohon yang sudah mendekati jaringan PLN. Jika dirasa berbahaya, masyarakat dapat menghubungi PLN untuk membantu melakukan perabasan.

“PLN juga meminta kepada masyarakat agar segera melaporkan kepada PLN jika melihat jaringan PLN dalam kondisi tidak normal. Laporan dapat dilakukan melalui Contact Center PLN 123 atau 0370 123 jika menggunakan telepon genggam,” ujar Dedy ada

Untuk selanjutnya, terkait dengan kejadian ini, PLN akan bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan investigasi lebih lanjut.

Sementara pasca kejadian (25/12), pihak PLN pun telah mengunjungi pihak keluarga untuk menyampaikan bela sungkawa ke rumah korban.

Dedy menambahkan, manajemen PLN Wilayah NTB juga telah berdialog dengan Kapolda NTB dan Kurtubi, anggota Komisi VII DPR RI sesaat sebelum pemakaman korban.

“PLN tetap senantiasa menjaga keamanan instalasi kelistrikan,” kata menambahkan

Comments

comments