IAIN Syeikh Nurjati Cirebon Silaturrahmi Akademik Ke UIN Mataram

EXTRA HOT IKLAN

MATARAM, MetroNTB.com – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Mataram kedatangan tamu dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syeikh Nurjati Cirebon.

MEDIUM IKLAN

Kedatangan rombongan tersebut dalam rangka studi banding dan penandatanganan MOU dalam bidang akademik serta Tri Dharma perguruan tinggi yakni bidang pendidikan, pengajaran dan pengabdian antara UIN Mataram dengan IAIN Syeikh Nurjati Cirebon yang terselenggara pada Jumat lalu di Kampus II UIN Mataram.

LOW HOT IKLAN

Rombongan yang membawa 6 program studi (Prodi) tersebut atas rekomendasi dari Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syeikh Nurjati Cirebon, Ilman Nafian M.Ag.

Walaupun tanpa kehadirannya, rombongan mendapat sambutan baik oleh Dekan, para Wakil Dekan, serta seluruh Ketua Program Studi yang ada di naungan fakultas tertua di UIN Mataram tersebut, yakni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

“Kami menyampaikan salam dari Dekan kami, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, dan Wakil Dekan III. Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan dari UIN Mataram, alhamdulillah kami begitu surprise diterima dengan sangat hangatnya dengan tangan terbuka dari FTK,” ungkap Kartini, Sekretaris program studi IPA Biologi IAIN Cirebon yang hadir saat itu.

Sementara, Dekan FTK UIN Mataram, Dr. Hj. Lubna M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya silaturrahmi fisik tetapi juga silaturrahmi akademik. Dilanjutkan dengan memperkenalkan 10 program studi yang ada di FTK.

“Enam Prodi lama yang terdiri dari PAI, PBA, IPA Biologi, Tadris Matematika, IPS Ekonomi, PGMI, dan 4 Prodi baru yang terdiri dari Tadris Fisika, Tadris Kimia, Tadris Bahasa Inggris serta PIAUD,” ujarnya

Selain itu, Dekan yang baru dilantik pada Rabu (18/10) kemarin, juga mengutarakan rasa bangga atas kepercayaan untuk menjalin kerja sama dari IAIN Cirebon melalui MOU tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan III FTK UIN Mataram, Dr. Akhmad Asyari, M.Pd., yang dilantik pada Rabu (1/11) lalu juga merespon dengan baik kedatangan beberapa Prodi dari IAIN Cirebon tersebut.

Ia menilai MOU yang ditandatangani itu merupakan suatu langkah pengembangan akademik dan peningkatan mutu kualitas di FTK.

“Dalam pengembangan akademik kita bisa sharing information misalnya pada pengembangan kurikulumnya, bidang pelatihan, penulisan karya tulis ilmiah bahkan pertukaran SDM (Sumber Daya Manusia), mengingat personalia SDM FTK UIN Mataram masih terbatas” bebernya

Ditambahkannya “Jumlah dosen di FTK UIN Mataram yang baru mencapai 300 personil sedangkan di IAIN Syeikh Nurjati sudah mencapai 400 lebih personil dengan jumlah Prodi yang sama diharapan adanya pertukaran expert (tenaga) jika hal tersebut sewaktu-waktu diperlukan dalam bidang keilmuan” pungkasnya (JKa-UQ, Yus)

Comments

comments