HUT RI KE 72 Tahun Pengibaran Bendera

Bersama STKIP Taman Siswa Bima Di Pantai “SANUMBE”

EXTRA HOT IKLAN

OPINI – Tulisan ini sebenarnya mengingatkan penulis tentang kegiatan yang tidak terpublikasi pada momen memperingati 72 tahun Republik Indonesia merdeka, banyak orang, pemerintah merayakan kemerdekaan tersebut di pusat-pusat kota, bahkan ada juga yang merayakannya digunung. Namun ada yang beda dilakukan pada Tanggal 17 Agustus beberapa hari yang lalu oleh puluhan penyelam bersama STKIP Taman Siswa Bima melakukan pengibaran bendera merah putih Dibawah Permukaan Laut perairan Pulau Kolo Pantai Sanumbe Kota Bima Nusasa  Tenggara Barat (NTB), Kegiatan  berjalan normal tidak ada kendala dan pengibaran bendera tetap berjalan dengan khidmat.

MEDIUM IKLAN

Saat upacara berlangsung cuacapun sangat mendukung jalannya pengibaran bendera di bawah laut, upacara secara sederhana namun khidmat tersebut berlangsung selama hampir 25 menit, lokasinya tepat berada di dekat transplantansi terumbu karang dengan kedalaman sembilan meter di bawah permukaan laut, membuat penulis merasakan bagaimana perjuangan para pahlawan membuat negara ini bebas dari penjajahan. Selain itu dengan kejadian tersebut meningkatkan rasa nasionalisme semua peserta yang hadir pada saat itu.

LOW HOT IKLAN

Dalam acara tersebut pengibaran yang dikoordinir oleh jelajah kolo, Karang Taruna, Mahasiswa Posko KKn-PPl terpadu angkatan ke II STKIP Taman Siswa Bima yang di Bimbing oleh salah satu Dosen  muda Bapak Subhan M.Pdi, Alumni posko KKn Desa Baka Jaya Kabupaten Dompu NTB yang di motori oleh Dosen STKIP Taman Siswa Bima Bapak Hardiansyah M.Pd, Instansi Pemerintah, Siswa mulai dari SD/MI dan SMA/MA dan seluruh sponsor-sponsor di antaranya. Sebanyak kurang lebih 100 orang terlibat dalam upacara singkat tersebut.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara mengungkapkan, upacara pengibaran bendera merah putih di bawah permukaan laut ini merupakan yang pertama kali yang dikoordinir oleh Pemudah Kolo, Tim Jelajah Kolo dan bersama Mahasiswa STIKP Taman Siswa Bima Kegiatan seperti ini rencananya akan menjadi acara tahunan rutin, sebab pengibaran bendera di bawah laut pada peringatan HUT RI ini merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan Pulau Kolo Pantai Sanumbe, Kolo Kota Bima Nusasa  Tenggara Barat (NTB) dan akan menjadi agenda tahunan, bahkan tidak hanya pengibaran bendera untuk tahun-tahun berikutnya tetapi di rangkaikan dengan kegiatan  penanaman terumbu karang dan jelajah pantai kolo dengan perahu.

Walau dengan persiapan yang cukup minim, upacara itu bisa dikatakan sukses. Persiapan survey dimulai sejak tanggal 8 Agustus 2017 untuk menentukan lokasi upacara. Kemudian pada tanggal 16 Agustus dilangsungkan gladi bersih sebagai persiapan dan menentukan posisi masing-masing panitia saat berada di bawah laut. Seluruh panitia, instansi dan sponsor pendudkung yang dilibatkan untuk mensukseskan kegiatan ini sekitar 20 orang. Persiapan yang dilakukan pun hanya dua minggu padahal normalnya sekitar satu bulan.

Upacara sendiri baru dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Plt Manager OPPO didaulat menjadi inspektur upacara, dengan simbolis pembacaan teks proklamasi. Pembacaan pun dilakukan dalam hati, disertai dengan kode gerakan untuk berkomunikasi secara visual kepada penyelam lainnya. Seorang anggota mahasiswa STKIP Taman Siswa Bima bertugas untuk mengkoordinir peserta upacara dalam merapikan barisan di laut dan menjadi penghubung antara peserta upacara dengan inspektur upacara yang masih berada di bibir Pantai Kolo.

Setelah semuanya dipastikan telah siap dan dalam posisi setengah lingkaran dengan mengahadap tiang bendera, tak lama kemudian, inspektur upacara pun turun. Tiga anggota pemuda dan mahasiswa yang bertugas sebagai pengibar bendera juga turun ke laut. Usai bendera dipasang dan dikibarkan dilanjutkan dengan membaca teks proklamasi secara simbolis, teksnya sudah disiapkan, di dalam laut pembacaan dilakukan secara simbolis. Selain itu lewat kegiatan ini kita bisa memberikan perhatian penuh dan melestarikan terumbu karang di pantai Sanumbe.

Setelah penanaman bibit terumbung karang oleh Alumni Posko Baka Jaya Kabupaten Bima  bersama Mapala Parewa STKIP Taman Siswa Bima dan seluruh panitia jelajah Kolo. peserta diberika ijin untuk melakukan rangkaian acara selanjutnya jelajah pesona pantai  Kolo Sanumbe.

Penulis merasakan betul betapa kesederhanaan dalam memperingati  HUT RI yang ke 72  di Pantai Sanumbe tersebut, meski acara tersebut terlihat sederhana tetapi sangat menggugah hati dan pikiran untuk selalu setia pada negaraku, Indonesiaku dan rasa nasionalisme haruslah selalu kita tunjukan dalam rangka membagun Indonesia yang lebih maju kedepanya, STKIP Taman siswa Bima melaksanakan hal ini juga sebagai bentuk Pembentuk Karakter Generasi Bangsa Ini Untuk Selalu Mengingat Seluruh Perjuangan Para Pahlawan Hingga Saat Ini Indonesia Merdeka Ke 72 Tahun.

Penulis : Hardiansyah M.Pd

Comments

comments