HIKMAHBUDHI Mataram Mengecam Keras Tragedi Kemanusiaan Rohingya

EXTRA HOT IKLAN

MEDIUM IKLAN

MATARAM, MetroNTB.com – Merespon perkembangan terkini yang terjadi di Myanmar terkait kebrutalan dan pembantaian terhadap etnis minoritas Rohingya di Rakhine, Myanmar.

LOW HOT IKLAN

 

“HIKMAHBUDHI (Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia) Cabang Mataram mengecam keras tragedi kemanusiaan Rohingya,” ujar Ketua HIKMAHBUHI Mataram, Bebin Adi Darma kepada MetroNTB.com, Sabtu malam (2/9)

 

Bebin sapaan akrabnya menegaskan kepada semua pihak bahwa tragedi tersebut merupakan tragedi kemanusiaan yang perlu menjadi perhatian semua warga bangsa di dunia.

 

“Kami menilai bahwa insiden serangan yang terjadi dengan menargetkan wilayah Rakhine yang dihuni etnis Rohingya dapat dikaji melalui aspek geopolitik,” tegasnya

 

Dikatakannya, HIKMAHBUDHI Mataram menduga bahwa ada pertarungan kekuasaan untuk memperbutkan sumber daya alam khususnya minyak dan gas yang melimpah di semenanjung rakhine.

 

Sehingga menjadikan Rakhine khususnya etnis Rohingya sebagai sasaran khusus untuk tujuan membenturkan berbagai kepentingan dengan mengangkat isu-isu dan simbol agama serta persekusi terhadap etnis Rohingya.

 

“Oleh sebab itu, kami mendesak mayoritas moderat Myanmar untuk bersuara lantang menolak segala bentuk pembantaian dan persekusi terhadap etnis Rohingya karena selama ini hanya diam dan tidak bersuara,” imbuhnya

 

Ditambahkannya, HIKMAHBUDHI sebagai organisasi Buddhis yang menjunjung nilai-nilai perdamaian serta berpegang teguh pada nilai Ahimsa (Tanpa kekerasan) ajaran Buddha maka pembantaian sangat tidak sesuai dengan nilai- nilai luhur ajaran.

 

“Dan apapun namanya, kita mengutuk keras pembantaian tersebut. Dan kami juga akan ikut aksi solidaritas untuk Rohingya Myanmar,” kata Bebin menambahkan

Comments

comments