Direktur LPSK Minta Masyarakat Serius Bentuk Wirausaha Pinggir Hutan

EXTRA HOT IKLAN

LOMBOK TENGAH, MetroNTB.com – Direktur Lembaga Pengembangan Sumber Daya Kepemudaan (LPSK) Lombok NTB, Herman meminta ibu-ibu peserta pelatihan serius untuk membentuk wirausaha masyarakat pinggir hutan.

MEDIUM IKLAN

“Mengenai darimana sumber dana yang di gunakan. Saya siap membantu ibu-ibu dari pinjaman dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Lantan Kreatif Abadi,” ungkapnya saat menutup pelatihan pengolahan hasil hutan, di Sekretariat LPSK Desa Lantan, Batukliang Utara.

LOW HOT IKLAN

Herman memaparkan, produk yang dikembangkan memang akan menjadi sangat beragam tergantung situasi di desa masing-masing.

“Membaca kondisi kawasan utara Lombok Tengah dengan kondisi tanah yang sangat subur, banyak menghasilkan produksi sayur dan buah yang sangat berlimpah,” paparnya

Hal terpenting, lanjutnya, perlu dilakukan setelah adanya produk unggulan di satu lokasi adalah bagaimana agar produk tersebut tidak dipasarkan keluar dalam bentuk barang mentah.

“Komunitas harus mengupayakan agar produknya berupa barang jadi yang harganya bisa lebih baik. Pisang misalnya dipasarkan dalam bentuk kripik pisang atau pisang sale atau bentuk lainnya,” imbuhnya

Herman mengatakan, proses ini dapat menciptakan proses-proses ekonomi lanjutan pada produk tersebut. Untuk bisa dipasarkan dalam bentuk kripik pisang atau pisang sale.

“Dan hal yang cukup substansial adalah tentu produk harus dikemas dengan baik. Ini berarti harus ada kegiatan yang mengupayakan bentuk kemasan produk,” katanya

Ditambahkannya, untuk itu perlu adanya sinergisitas antara pemerintah daerah, para pelaku industry pariwisata, kelompok-kelompok usaha masyarakat dan organisasi kemasyarakatan untuk mewujudkan hasil yang diharapkan.

“Peningkatan kapasitas SDM, peningkatan kualitas produk, pengolahan pasca panen, membangun system informasi pasar, mengembangkan system pemasaran bersama, membuat dan menentukan kalender musim menjadi langkah nyata kita mengembangkan wirausaha pinggir hutan yang berkualitas dan berkelanjutan,” kata Herman menambahkan

Sementara, Kepala Desa Lantan, H. Harun Zain memberikan apresiasi kepada LPSK atas inisiatif yang luar biasa telah berkifrah dan dapat membantu warga masyarakat yang ada di kawasan pinggir hutan.

“Mengembangkan kegiatan ekonomi lokal berbasis produk unggulan menjadi suatu hal yang harus dikedepankan,” ungkapnya

Lanjutnya, kondisi-kondisi yang tercipta dikawasan pengeloaan hasil SDA mendorong desa dan masyarakat sekitar kawasan memikirkan produk unggulan yang seharusnya diupayakan secara ekonomis.

“Upaya ekonomi ini dapat dilakukan dengan: membentuk karakter masyarakat pinggir hutan untuk berwirausaha, menjawab ketergantungan ekonomi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata H. Harun

Comments

comments